DETAIL DOCUMENT
PEMANFAATAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN CALISTUNG (MEMBACA MENULIS BERHITUNG) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Rahmawati, Reni
Subject
Metode Komputer 
Datestamp
2020-06-17 05:01:54 
Abstract :
Pendidikan dasar yang menjadi landasan bagi pengembangan pendidikan pada jenjang selanjutnya, haruslah mampu berfungsi mengembangkan potensi diri peserta didik dan juga sikap serta kemampuan dasar yang diperlukan peserta didik untuk hidup dalam masyarakat. Proses pembelajaran yang cenderung masih bersifat teoritik menyebabkan proses pembelajaran yang terjadi hanya sebatas pada penyampaian informasi. Kondisi inilah yang menurut pemerhati tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk membantu guru dalam proses pembelajaran siswa sekolah dasarMembantu siswa pada sekolah dasar dalam mengetahui dan memahami materi calistung pada sistem aplikasi calistung dalam proses belajar. Media Pembelajaran yang berbasis mulitimedia pada siswa sekolah dasar bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Calistung berbasis multimedia dan menghasilkan produk Multimedia Interaktif mendeskripsikan kelayakan media berdsarkan penilaian para ahli media dan ahli materi. mempermudah proses pembelajaran pada siswa menggunakan metode pengembangan 3D untuk lebih mengetahui kebutuhan pengguna terhadap sistem yang dikembangkan. Dalam aplikasi yang dikembangkan terhadap media pembelajaran terdapat aktor yang beraktivitas langsung yaitu guru. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash CS3 pada pokok bahasan Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung) yang telah dikembangkan, termasuk dalam kriteria Layak untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran (dari penilaian ahli materi, dan ahli media) memberikan rata-rata penilaian 86,50%. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia