DETAIL DOCUMENT
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN WEB MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 (Studi Kasus: TKJ SMKN4 BANDAR LAMPUNG)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Nurkhofiyah, -
Subject
CONSTRUCT 
Datestamp
2020-06-17 04:53:22 
Abstract :
Pemrograman web adalah salah satu mata pelajaran produktif yang ada di Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN4 Bandar Lampung. Berdasarkan data yang diperoleh dari guru bidang studi pemrograman web, kesulitan yang dialami siswa adalah banyaknya coding atau script yang harus dihafalkan dan diimplementasikan kedalam bahasa-bahasa HTML, terutama pada materi pembuatan form, CSS (Cascanding style sheet), dan CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada web dinamis. Tujuan penelitian ini adalah membangun media pembelajaran pemrograman web menggunakan construct 2 yang dapat dijadikan media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman web. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan multimedia development life cycle oleh Luther Sutopo (2003). Dan dibangun menggunakan software Construct 2. Tahapan pada pengembangan ini meliputi, 1) Concept. 2) Design. 3) Material collecting. 4) Assembly. 5) Testing. 6) Distribution. Penelitian menggunakan ISO 9126 yang terdiri dari 4 aspek Usability, Functionality, Portability, Efficiency. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian dan rancang bangun media pembelajaran pemrograman web didapatkan kesimpulan sesuai dengan pengujian yaitu hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap 30 siswa, dan 2 dosen yang memperoleh hasil sebesar 84,97% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik menurut Narimawati (2007) dalam aspek usability, 100% dalam aspek fuctionality, 100% dalam aspek portability, Tidak mengalami kekurangan memory yang menyebabkan terjadinya memory leak dalam aspek efficiency. Hal ini termasuk kedalam kategori sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran pemrograman web. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia