DETAIL DOCUMENT
ANASLISIS POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA DAERAH PENYANGGA TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS
Total View This Week15
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Pramono, Sigit
Subject
Manajemen Strategik Komprehensif 
Datestamp
2020-06-20 07:21:15 
Abstract :
Pada saat ini kemajuana teknologi informasi saat ini tidak dipungkiri lagi bahwa informasi menjadi salah satu sumber daya utama pada setiap oranisasi untuk meningkatkan daya saing. Penyebaran teknologi informasi sudah merambah ke berbagai bidang terutama dalam bidang pariwisata. Salah satu pariwisata yang saat ini sedang di gemari oleh masyarakat adalah kegiatan ekowisata. Pangsa pasar jenis kegiatan ini masih terbuka cukup besar untuk dikembangkan, dengan berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat semakin membuka peluang pasar yang lebih luas. Taman nasional way kambas di kelilingi oleh 10 kecamatan dan 39 desa penyangga yang terletak di lampung timur dan lampung tengah. Salah satu desa penyangga taman nasional way kambas adalah desa braja harjosari. Namun dalam pelaksanaannya desa wisata braja harjosari belum memiliki sistem pemasaran menggunakan teknologi Informasi sehingga potensi-potensi yang ada sulit untuk berkembang karena kurangnya penujung dan tidak memiliki daya saing yang cukup kuat untuk bersaing di era teknologi informasi saat ini. Oleh karena itu di perlukan analisis pengembanan potensi-potensi dan strategi pengembangan ekowisata dan analisis SWOT untuk menetukan strategi sistem promosi guna meninkatkan kunjungan dan daya saing dengan wisata sejenis. Analisis yang dilakukan guna menentukan pengembangan system promosi dengan merumuskan strategi alternatif yang dapat digunakan serta merancang suatu sistem pemasaran berdasarkan alternatif strategi yang ada. Metode pengambilan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara kepada pihak yang berkepentingan. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasilnya adalah pengunaan teknologi terletak pada kuadran 1 yang berarti desa braja harjosari harus memanfaatkan kekuatan untuk melihat peluang yang ada. strategi pemasaran yang bisa dilakukan yaitu melalui media teknologi informasi yang dapat dijangkau semua orang. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia