Abstract :
Penggunaan e-learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar,
diharapkan dapat meningkatkan daya serap dari siswa atas materi yang diajarkan,
meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa, meningkatkan kualitas materi
pendidikan dan pelatihan, meningkatkan kemampuan menampilkan informasi
dengan perangkat teknologi informasi, memperluas daya jangkau proses belajarmengajar dengan menggunakan jaringan komputer tidak terbatas pada ruang dan
waktu.
Proses belajar mengajar di MTs Guppi Natar antara guru dengan siswa
dilakukan secara tatap muka secara langsung didalam ruangan kelas dan guru
menjelaskan materi pelajaran. Ketika guru tidak dapat hadir untuk mengajar maka
proses belajar mengajar tidak terjadi, begitupun ketika siswa tidak dapat hadir
karena berhalangan maka siswa tersebut tidak mendapatkan materi pembelajaran.
Dan ketika guru piket menggantikan guru yang tidak hadir proses pembelajaran
pun dibatasi karena waktu yang tersedia terbatas sehingga guru tidak dapat
menjelaskan materi yang diberikan sesuai silabus dan materi yang didapat oleh
siswa belum maksimal.
Karena belum optimalnya sistem pembelajaran di MTs Guppi Natar maka
perlu dibuatkan solusi dengan membuat sitem media pembelajaran dalam jaringan
dengan menggunakan metode prototyping. Hasil dari pengujian penelitian ini
untuk merancang dan mengimplementasikan sistem media pembelajaran dalam
jaringan agar dapat membantu proses belajar mengajar lebih efektif.