Abstract :
Pendidikan adalah salah satu hal terpenting di dalam kehidupan bermasyarakat, karena pendidikan merupakan
salah satu pola pikir masyarakat untuk bertahan hidup. Generasi penerus bangsa harus memiliki pendidikan
supaya dapat bersaing secara nasional maupun internasional Puspaningtyas (2019). Hasil studi Programme for
International Student Assessment (PISA) tahun 2018 yang membandingkan kemampuan matematika, membaca
dan kinerja sains setiap anak di 79 negara, Untuk kategori matematika, Indonesia berada di peringkat 73, untuk
kemampuan membaca Indonesia berada di peringkat 74, pada kategori kinerja sains, Indonesia berada di
peringkat 71. Berdasarkan hasil laporan tersebut, performa Indonesia terlihat menurun jika dibandingkan dengan
laporan PISA 2015 Tohir (2019). Berdasarkan hal tersebut penurunan angkat tesebut di pengaruhi oleh beberapa
faktor salah satunya yaitu faktor internal, salah satunya yaitu sulitnya siswa dalam memahami materi hal
tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar pada siswa Oleh karna itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui adakah pengaruh penekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar siswa, akan tetapi hal
tersebut dapat diatasi dengan model pendekatan PMR, berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa
PMR berpengaruh terhadap prestasi belajar berdasarkan hasil dari uji perbedaan dua rata-rata yitu di bawah atau
kurang dari 0.05 yang aritinya dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik berpengaruh
terhadap prestasi siswa