DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMPN 2 Pesawaran–Lampung pada Pembelajaran Daring
Total View This Week9
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
TUNTI WIRIANI, WAYAN
Subject
PENDIDIKAN MATEMATIKA 
Datestamp
2022-03-09 07:39:09 
Abstract :
Pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, baik dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Model pembelajaran saat ini diterapkan berkaitan dengan wabah Corona Virus Disease (COVID–19) yang menyebar di Indonesia adalah pembelajaran dilakukan secara online sesuai dengan diterapkannya social distancing (menjaga jarak), sehingga pemerintah mengeluarkan surat tentang pembelajaran secara online guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID–19). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian belajar matematika peserta didik SMPN 2 Pesawaran–Lampung pada pembelajaran daring. Penelitian ini mengambil data peserta didik SMP N 2 Pesawran-Lampung kelas VIII A dan VIII B sebanyak 57 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif tentang analisis kemandirian belajar matematika peserta didik SMP N 2 Pesawaran–Lampung pada pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator keinginan belajar/hasrat belajar, indikator keputusan/inisiatif, indikator tanggung jawab, dan indikator percaya diri menunjukkan pada kategori cukup tinggi sebesar 57% 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia