DETAIL DOCUMENT
Analisis Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
PUTRI MARGIATI, DIRTA
Subject
PENDIDIKAN MATEMATIKA 
Datestamp
2023-12-18 09:58:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Kelompok Tanpa Pre-test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan reward dan punishment dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Teknik Purposive Sampling. Subjek penelitian ini yaitu sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil tes antara siswa yang diterapkan model pembelajaran reward dan punishment dan siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran reward dan punishment. Hal tersebut dilihat dari hasil perhitungan analisis deskriptif dan analisis inferensial, dari hasil data analisis deskriptif didapatkan nilai rata-rata hasil tes untuk kelas eksperimen sebesar 75,69 sedangkan rata-rata dari kelas kontrol sebesar 66,36. Lalu diperkuat oleh perhitungan analisis inferensial yang dihitung menggunakan PASW Statistic 18 diperoleh uji independent sampel t-test yaitu nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf ?=5% dan dk=70. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia