DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PURA PUSEH DI DESA DHARMA AGUNG LAMPUNG TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
ANANTA, KOMANG ARI
Subject
TP Chemical technology 
Datestamp
2024-01-13 02:43:57 
Abstract :
ABSTRAK Pura menjadi tempat ibadah utama umat Hindu di Lampung. Bahkan, keberadaan pura di Lampung begitu banyak. Namun, tahukah Anda ada beragam jenis pura di Lampung yang masing-masing karakteristik serta fungsinya memiliki perbedaan satu sama lain. Terkadang, Anda akan menemukan pura dengan ukuran bangunan yang begitu masif di Lampung. Sebagai contoh, Anda bisa menjumpai keberadaan pura berukuran besar ini di Pura Kerthi Bhuana, Jl Bay Pass Soekarno Hatta, Waylunik, Way Lunik, Kec. Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung. Namun, di tempat lain, ada pula pura yang yang tidak terlalu besar dan bahkan digunakan sebagai tempat peribadahan kelompok masyarakat tertentu. Tujuan pada penelitian ini adalah melestarikan konsep sistem Pura Puseh Di Desa Dharma Agung dapat digunakan sebagai sarana untuk mempelajari, memperkenalkan menggunakan teknologi augmented reality, dan memberikan informasi mengenai tata letak bagunan pura dengan memanfaatkan teknologi augmented reality berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Pengembangan metode multimedia ini dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (konsep), design (rancangan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Keenam tahap ini tidak harus berurutan dalam praktiknya, tahap-tahap tersebut dapat saling bertukar posisi. Pengujian pada penelitian ini menggunakan standar ISO 9126 dan aspek yang pengujian yang dilakukan yaitu Functionality, Realibility dan Usability. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan informasi berupa pengenalan Pura Puseh Di Desa Dharma Agung Lampung Tengah menggunakan teknologi Augmented Reality. Proses pembuatan aplikasi dimulai dengan tahan pengonsepan dimulai dengan membuat rancangan Storyboard serta membuat prototype aplikasi, selanjutnya membuat rancangan desain bangunan pura puseh menggunakan aplikasi SketchUp. Pembuatan asset dan proses pembuatan aplikasi di Unity dilakukan secara bersama. Tahap pengujian menggunakan Standar ISO 9126. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia