DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN UI/UX PADA GAME EDUKASI PUZZLE PENINGGALAN SEJARAH LAMPUNG BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINKING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
PRASETYA, M. REZA
Subject
Games Education 
Datestamp
2024-01-13 03:17:20 
Abstract :
Industri game di Indonesia akan terus tumbuh setelah pandemi, didorong oleh infrastruktur digital yang mencakup lebih dari 200 juta pengguna internet pada 2021. Sekitar 53,4 juta orang bermain game PC, dan 133,8 juta terdaftar sebagai pemain game mobile (Fitriyanto & Ramadhan, 2023). Video Game Edukasi bertujuan memberikan pengetahuan sambil menghibur. Genre Puzzle Jigsaw populer di Android, IOS, Windows, dan Web, dikenal karena kesenangan tanpa unsur kompetisi, cocok dimainkan santai. UI (Desain Antarmuka Pengguna) adalah komunikasi visual produk dengan pengguna, sementara UX (Pengalaman Pengguna) adalah kesan saat berinteraksi dengan UI. Dalam game edukasi, desain UI/UX yang baik memastikan pengalaman yang lancar, intuitif, dan mendapat umpan balik positif. Banyak remaja menghabiskan waktu bermain video game tanpa manfaat sebanding. Oleh itu, pengembangan video game edukasi penting, terutama untuk memperkenalkan Peninggalan Sejarah Lampung sebagai media pembelajaran yang bermanfaat. UI dan UX krusial dalam merancang prototipe game untuk memastikan kenyamanan pengguna. Proses desain mengikuti Desain Thinking: empati, definisi, ideasi, pembuatan prototipe, dan pengujian menggunakan UEQ. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan desain antar muka yang ramah pengguna, alur game edukasi yang mudah dipahami dan pemain yang mendapatkan kesenangan serta edukasi dalam memainkan game Peninggalan Sejarah Lampung 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia