DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI INVESTASI, PENGETAHUAN INVESTASI, TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERSEPSI RISIKO DALAM BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi pada Mahasiswa Prodi Akuntansidi Bandar Lampung)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
PRASTIKA, LUH SAVITRI
Subject
Keuangan 
Datestamp
2024-01-18 03:17:31 
Abstract :
ABSTRAK PENGARUH MOTIVASI INVESTASI, PENGETAHUAN INVESTASI, TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERSEPSI RISIKO DALAM BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi pada Mahasiswa Prodi Akuntansidi Bandar Lampung) Oleh LUH SAVITRI PRASTIKA Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi investasi, pengetahuan investasi, teknologi informasi, dan persepsi minat risiko dalam berinvestasi di pasar modal. Berdasarkan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Adiningtya dan Hakim (2022), Hidayati dan Nisa (2022), dan Lisnawati, dkk (2023), peneliti menyimpulkan bahwa pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal, sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Susanti ( 2022) menyatakan bahwa pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal. penelitian yang dilakukan oleh Adiningtya dan Hakim (2022), Hidayati dan Nisa (2022), dan Lisnawati, et.al (2023) menyatakan bahwa pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal, sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Susanti (2022) menyatakan bahwa pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal. Adiningtya dan Hakim (2022), Hidayati dan Nisa (2022), Ali, et.al (2022), serta Kasemharuethaisuk dan Samanchuen (2023), menyatakan bahwa persepsi risiko berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal, sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Hasannaha, et al (2022) serta Digdowiseiso dan Putri (2023) menyatakan bahwa persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat investasi di pasar modal. Penelitian terdahulu terkait topik ini menunjukkan hasil yang tidak konsisten sehingga menjadi motivasi untuk melakukan penelitian kembali. Desain penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan menggunakan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Bandar Lampung dan sampel maksimal dalam penelitian adalah 230 responden mahasiswa akuntansi di Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah Investasi berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal, pengetahuan berinvestasi berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal, variabel teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal. Pasar, persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia