DETAIL DOCUMENT
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA FASILITAS JALUR PEJALAN KAKI DI JALAN KARTINI DAN RADEN INTAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
HARTONO, RODI
Subject
Manajemen Kualitas Konstruksi 
Datestamp
2024-01-29 02:19:24 
Abstract :
Bandar Lampung merupakan satu kota besar yang sedang berkembang pesat, baik dari tingkat perekonomian maupun jumlah penduduknya. Hal ini menjadikan Kota Bandar Lampung sebagai Kota yang memiliki mobilitas yang tinggi. Dengan mobilitas yang tinggi dan untuk meningkatkan kualitas ruang terbuka Kota salah satunya pada daerah perekonomian, kini Kota Bandar Lampung mulai menata kembali infrastruktur kotanya salah satunya adalah pada jalur pejalan kaki yang berada pada jalan Kartini dan jalan Raden Intan. Sehingga fasilitas pejalan kaki terutama trotoar yang berada pada jalan tersebut seharusnya memberikan pelayanan yang maksimal yang diukur dari aspek kenyamanan, keamanan, dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui tingkat kesesuaian fasilitas jalur pejalan kaki pada jalan Kartini, Raden Intan dan Sultan Agung sudah memenuhi standar yang berlaku, Mengetahui tingkat kepuasan menurut persepsi pengguna jalur pejalan kaki pada Jalan Kartini dan Raden Intan dan Mengetahui penyalahgunaan fasilitas jalur pejalan kaki pada Jalan Kartini, Raden Intan Sultan Agung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pengolahan data dilakukan dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Customer Statisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat 11 fasilitas pada jalur pejalan kaki di Jalan Kartini, 12 fasilitas pada jalur pejalan kaki di Jalan Raden Intan dan 8 fasilitas pada jalur pejalan kaki di Jalan Sultan Agung. Pada pengujian dengan metode CSI hasil tingkat kepuasan dengan index 0,69 hasil yang didapatkan pengguna merasa puas dengan fasilitas jalur pejalan kaki di Jalan Raden Intan dan Kartini. Berdasarkan hasil yang didapatkan terdapat banyak penyalahgunaan jalur pejalan kaki di Jalan Kartini, Raden Intan dan Sultan Agung. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah Kota Bandar Lampung dengan adanya hasil ini dapat menjadi acuan dalam evaluasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna terhadap fasilitas-fasilitas jalur pejalan kaki. Kata Kunci: Customer Satisfaction Index (CSI), Tingkat Kepuasan, fasilitas jalur pejalan kaki, penyalahgunaan jalur pejalan kaki. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia