DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KERANJANG BELANJA PADA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : TOKO AFDHOL II)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
SILABAN, MEGA LESTARI
Subject
Bahasa Pemrograman 
Datestamp
2024-02-05 08:31:30 
Abstract :
Pertumbuhan ekonomi masyarakat dan bisnis menarik perhatian para pengusaha karena mereka berusaha untuk menghasilkan keuntungan. Para pengusaha ini mendirikan gerai-gerai ritel di berbagai lokasi. Menghasilkan keuntungan bukanlah satu-satunya fokus mereka, mereka juga menekankan pentingnya menjaga efisiensi operasional. Dalam dunia bisnis, lebih dari sekadar manajemen yang efektif diperlukan pengetahuan, perencanaan strategis, dan manajemen inventaris yang tepat sangat penting untuk memastikan profitabilitas yang optimal dan untuk mengurangi risiko dalam menghadapi keadaan yang tidak terduga.Salah satu bisnis tersebut adalah Toko AFDHOL II, yang menawarkan berbagai macam produk, termasuk bahan bangunan, furnitur, peralatan memancing, pot bunga, sangkar burung, serta pakan ayam dan ikan. Keragaman produk yang tersedia memberikan tantangan bagi Toko AFDHOL II dalam menentukan barang mana yang harus diisi ulang dalam inventaris mereka. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk mengumpulkan informasi dengan menganalisis permintaan konsumen terhadap produk yang mereka tawarkan, dengan tujuan untuk memahami pola pembelian konsumen. Pemahaman ini dapat secara signifikan menyederhanakan manajemen inventaris toko. Temuan penelitian ini mengungkapkan dua kombinasi set item dengan nilai asosiasi yang kuat: jagung kasar dan jagung halus, yang menunjukkan nilai kepercayaan sebesar 98%. Kata Kunci : Data Mining, Analisis Keranjang Belanja, Asosiasi, Algoritma Apriori, Rstudio 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia