DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN PAKAIAN ADAT TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Putra, Adityo Eka
Subject
Games Education 
Datestamp
2020-05-28 02:24:13 
Abstract :
Penggunaan pakaian adat saat ini hanya sebatas pada acara-acara tertentu saja, misalnya acara pernikahan atau acara adat. Hal ini membuat pakaian adat menjadi semakin sulit untuk dikenal bahkan dilestarikan oleh masyarakat luas terutama untuk anak-anak sekolah dasar. Pengenalan pakaian adat Indonesia dengan game diharapkan dapat memudahkan anak dalam mengenal pakaian adat Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, tinjauan pustaka, dokumentasi, dan kuisioner. Sumber data/subjek yaitu anak sekolah dasar berjumlah 20 orang pada SD negeri 1 Rajabasa Raya. Metode pengujian yang dilakukan yaitu menggunakan ISO 9126 aspek Usability dan Functionality. Aplikasi game edukasi pengenalan pakaian adat menggunakan metode Multimedia Development Life Circle (MDLC) dan tools yang dipakai yaitu Construct 2 yang dijalankan pada Android. Hasil pengujian ISO 9126 menggunakan variable Usability dan Functionality. Untuk persentase secara keseluruhan dari aspek usability memperoleh nilai 91,96% sedangkan untuk functionality memperoleh nilai 100%. Dari hasil pengolahan data pada uji usability dan functionality menyatakan bahwa game edukasi pakaian adat dapat dijadikan sebagai media pembelajaran anak sekolah dasar untuk mengenal pakaian adat Indonesia. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia