DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan E-commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan di Provinsi Lampung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
WULANDARI, AYU
Subject
Manajemen Produksi Dan Operasi 
Datestamp
2024-02-17 03:05:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan e-commerce Shopee terhadap kepuasan pelanggan di Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS Versi 26. Sampel pada penelitian ini berjumlah 400 orang responden yang merupakan pelanggan e-commerce Shopee yang berada di provinsi Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari indikator bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty) berpengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dan dapat digunakan sebagai salah satu strategi dalam memenangkan persaingan antar e-commerce di Indonesia. Ini dibuktikan dengan nilai t statistik 1,789 dan koefisien regresi sebesar 0,23. Keempat indikator yang ada dalam variabel kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), dan jaminan (assurance) memberikan kontribusi terbesar dalam upaya mempertahankan kepuasan pelanggan di provinsi Lampung. Kata kunci : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, kepuasan pelanggan. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia