DETAIL DOCUMENT
MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN JENIS-JENIS HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Arifin, Muhammad
Subject
Aplikasi Berbasis Web 
Datestamp
2020-05-30 06:16:51 
Abstract :
Salah satu pembelajaran pada tingkat sekolah dasar yaitu tentang jenis-jenis hewan. Proses pembelajaran tentang jenis-jenis hewan masih menggunakaan materi yang ada di buku atau gambar. Cara siswa mengenali jenis-jenis hewan yaitu dengan cara membaca dan melihat secara langsung buku atau gambar yang telah disediakan oleh sekolah dan kemudian guru menjelaskan ke anak didiknya, pembelajaran dengan teknik seperti ini sering membuat murid bosan atau kurang menarik, seiring berkembangnya teknologi teknologi dalam proses pembelajaran terutama teknologi komputer memudahkan para pendidik untuk menjelaskan materi pembelajaran yang lebih interaktif dan penalaran siswa menjadi mudah dijangkau atau dipahami. Salah satu teknologi yang bisa digunakan adalah Augmented Reality, yaitu jenis media pembelajaran yang bisa digunakan didalam augmented reality adalah visualisasi objek dalam realitas yang bertambah agar para siswa lebih memahami secara detail tentang pembelajaran pengenalan jenis-jenis hewan dari hewan herbivora, karnivora dan omnivora. Didalam pembuatan media pembelajaran ini menggunakan beberapa tools antara lain unity, blender, vuforia dan photosop. Dan menggunakan metode marker based tracking dengan teknik multiple marker dengan jumlah objek hewan 8 jenis dan makanannya 8 jenis objek makanan yang telah disesuaikan dengan kurikulum sekolah. Dari hasil pengujian jarak dan pencahayaan dihasilkan jarak terbaik dan maksimal pendeteksian 30 cm dengan intesitas cahaya 964 Lux pada siang hari jam 12.00 wib. Serta pengujian alpha test dengan metode blackbox menunjukan hasil yang sesuai dari 53 tombol bekerja sesuai fungsinya. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia