DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT OLAH RAGA BERBASIS WEB (STUDY KASUS : DIAN SPORT BANDAR LAMPUNG)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Putra, Kamal Adam
Subject
Aplikasi Berbasis Web 
Datestamp
2020-06-09 07:02:30 
Abstract :
CV Dian Sport adalah sebuah toko yang bergerak di bidang bisnis yaitu olahraga, tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hubungan dengan pelanggan agar dapat mempertahankan pelanggan. Permasalahan yang ada saat ini, CV Dian Sport ingin membangun sistem penjualan olah raga dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) berbasis website. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem mengggunakan metode waterfall. Setelah menentukan metode pengembangan sistem peneliti menggunakan perancangan sistem Unified Modeling Language (UML) untuk proses pembuatan perangkat lunak. Sedangkan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan, peneliti menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM) serta menggunakan metode pengujian blackbox. Hasil yang didapat dalam penelitian ini sistem informasi penjualan alat olahraga berbasis web dan mampu meningkatkan hubungan dengan pelanggan pada CV Dian Sport dengan cara memberikan promosi, diskon, dan informasi produk terbaru yang dikirimkan kepada pelanggan melalui email. Kesimpulan dari penelitian ini sistem penjualan berbasis web dengan menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM) dapat meningkatkan penjualan dan berdasarkan hasil perhitungan pengujian blackbox, didapatkan nilai sebesar 97,02 yang berarti bahwa penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada sistem informasi penjualan alat olah raga berbasis web layak untuk diimplementasikan. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia