DETAIL DOCUMENT
MARKET BASKET ANALYSIS SEBAGAI REKOMENDASI PEMBELIAN PERSEDIAN (STUDI KASUS : KIM-KIM)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Saputra, Nanang Yosi
Subject
SISTEM PENJUALAN 
Datestamp
2020-06-10 03:49:02 
Abstract :
Tujuan penelitian adalah menganalisis pola belanja pelanggan berdasarkan transaksi penjualan produk, dengan menggunakan Metode Market Basket Analysis dengan teknik Association Rule dengan aplikasi WEKA untuk menghasilkan informasi guna membantu pihak toko kim-kim dalam pemembelian persediaan. Metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype dan perancangan system menggunakan perancangan sistem UML. Agar penelitian ini tidak bersifat subjectif maka penulis juga menggunakan metode penelitian berupa pengamatan, tinjauan pustaka, dokumentasi dan menganalisis hasil wawancara dari toko kim-kim. Hasil yang dicapai dalam analisis data penjualan menggunakan metode Market Basket Analysis dengan teknik Association Rule untuk memudahkan mengolah data transaksi pembelian agar dapat dimanfaatkan untuk mengetahui pola belanja pelanggan menggunakan aplikasi WEKA. Penerapan sistem menggunkan bahasa pemrograman PHP dan Database SQLyog Enterprise sebagai media penyimpanan data dan aplikasi WEKA sebagai alat untuk menganalisis. Hal tersebut dapat membantu pihak toko Kim-kim dalam menganalisis pola belanja dan produk yang paling diminati oleh pelanggan. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia