DETAIL DOCUMENT
Perancangan Sistem Informasi Indeks Kepuasan Pelanggan Pengguna Sosial Media (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Teknokrat Indonesia
Author
Saputri, Yuliana
Subject
Media Sosial 
Datestamp
2020-06-10 04:19:42 
Abstract :
Semakin berkembangnya teknologi informasi mengakibatkan penyebaran informasi menjadi semakin berkembang, salah satunya dengan munculnya media baru. Sebagian besar aktivitas kehidupan masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan internet. Penetrasi pengguna internet membuktikan bahwa sebagian besar media yang digunakan masyarakat untuk melakukan komunikasi adalah dengan menggunakan internet. Salah satu media yang dapat digunakan dengan memanfaatkan fasilitas internet adalah media sosial. Media sosial telah mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan mencari informasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menentukan media sosial mana yang paling diminati pengguna dan mengetahui indeks kepuasaan pengguna media sosial, yang diharapkan dapat membantu pengguna media sosial memilih aplikasi yang tepat berdasarkan indeks sebelumnya. Menginformasikan kepada pengguna kualitas aplikasi sosial media dan evaluasi bagi pelaku bisnis aplikasi media sosial untuk meningkatkan kualitasnya. Metode yang digunakan dalam menentukan indeks kepuasan pengguna yaitu Customer Satisfaction Index. CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna sosial media secara menyeluruh dengan menggunakan kriteria nilai. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan tinjauan pustaka. Metode pengembangan sistem menggunakan waterfall, alat perancangan menggunakan pemodelan visual dengan Unified Modeling Language. Hasil dari penelitian ini adalah sosial media yang paling diminati masyarakat Kota Bandar Lampung yaitu sosial media Instagram dengan tingkat kepuasan sebesar 77,2 %. Artinya masyarakat Kota Bandar Lampung merasa puas dengan fitur dan kelebihan yang dimilki oleh Instagram. 
Institution Info

Universitas Teknokrat Indonesia