DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Berindeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Telkom
Author
MUHAMMAD CHALIL GILBRAN
Subject
FINANCE 
Datestamp
2020-01-22 00:00:00 
Abstract :
Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan sebanyak-banyaknya dan kemakmuran para pemegang sahamnya. Tujuan lain perusahaan dibagi menjadi dua, yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendeknya yaitu memperoleh laba semaksimal mungkin, sedangkan tujuan jangka panjangnya yaitu mengoptimalkan nilai perusahaan (Karina dan Titik, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah variabel independen (ukuran perusahaan dan profitabilitas) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap variabel dependen (nilai perusahaan). Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan yang tergolong indeks LQ- 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai dengan 2017. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 28 perusahaan dengan periode penelitian 4 tahun, sehingga diperoleh 112 data sampel. Metode analisis data pada penelitian ini adalah regresi data panel menggunakan software Eviews 9. Ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Bagi investor diharapkan dapat memperhatikan variabel ukuran perusahaan profitabilitas yang berpengaruh signifikan maupun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan sebelum mengambil keputusan dalam melakukan investasi di pasar modal. 

Institution Info

Universitas Telkom