DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL UNIFIED THEORY ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) PADA APLIKASI GOJEK DI KALANGAN PELAJAR SMA KOTA BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Telkom
Author
MUHAMAD AKBAR MULYANA
Subject
Marketing - Management 
Datestamp
2020-01-31 00:00:00 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi seperti saat ini, salah satu perkembangan teknologi yang beberapa tahun ini sedang popular di Indonesia adalah aplikasi transportasi online. Perkembangan bisnis jasa transportasi berbasis teknologi saat ini dapat memberikan kemudahan kepada para pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dalam hal pemesanan jasa transportasi dapat dilakukan menggunakan smartphone. Akan tetapi, hal tersebut juga dapat menjadi kendala bagi perusahaan karena bergantung terhadap penerimaan konsumen akan teknologi. Salah satu platform aplikasi transportasi online yang banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tingkat penerimaan teknologi aplikasi Gojek terhadap keputusan penggunaan oleh konsumen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari enam variabel independen (X) yaitu variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, dan price value. Sedangkan untuk variabel dependen (Y) yaitu variabel behavioral intention. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Populasi yang digunakan adalah pelajar SMA di Kota Bandung yang pernah menggunakan aplikasi Gojek dengan jumlah sampel 400 responden dan teknik sampling yaitu non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, dan price value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap behavioral intention dalam penggunaan aplikasi Gojek secara simultan dengan nilai pengaruh sebesar 45,5% yang berarti sisanya sebesar 54,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Variabel social influence, facilitating condition, hedonic motivation, dan price value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention dalam penggunaan aplikasi Gojek secara parsial, sedangkan variabel performance expectancy dan effort expectancy tidak berpengaruh terhadap behavioral intention dalam penggunaan aplikasi Gojek secara parsial. 

Institution Info

Universitas Telkom