DETAIL DOCUMENT
PEMANFAATAN KONSEP CAREER CAPITAL- THREE WAYS OF KNOWING PADA PESERTA YOUNG ENTREPRENEUR ACADEMY INDONESIA DALAM KESIAPAN BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Entrepreneurship Training - Young Entrepreneur Academy Indonesia di Kota Bandung)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Telkom
Author
NURUL AINI SUYUD
Subject
1 ENTREPRENEURSHIP 
Datestamp
2020-01-29 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa pengaruh dan peranan three ways of knowing pada peserta Young Entrepreneur Academy (YEA) Indonesia, juga untuk mengetahui kesiapan para peserta Young Entrepreneur Academy (YEA) Indonesia dalam menjadi entrepreneur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menampilkan fakta-fakta yang sesuai yang terjadi di lapangan tanpa memanipulasi kondisi yang sebenarnya terjadi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena bersifat menampilkan apa yang terjadi di dunia nyata. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta analisis terhadap dokumen-dokumen terkait sebagai data sekunder penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan three ways of knowing memiliki pengaruh yang cukup baik bagi para peserta Young Entrepreneur Academy (YEA) Indonesia. Dari faktor knowing-why diketahui bahwa dorongan faktor eksternal yang terdiri dari pengalaman, hubungan kekeluargaan (knowing-whom) merupakan bagian yang penting bagi seseorang dalam menentukan keinginannya untuk menjadi entrepreneur, dan juga memberikan mereka motivasi yang lebih. Selain itu, dari faktor knowing-how diketahui bahwa para peserta telah menggunakan kemampuan dan juga latar belakang pendidikannya dserta pembelajaran melalui kegagalan dan kesuksesan orang lain dalam menjadi entrepreneur. Sedangkan dari faktor knowing-whom diketahui bahwa dimensi knowing-whom merupakan tipe yang kritikal, karena kemajuan karir responden secara garis besar diprediksi dengan besarnya kualitas jaringan sosial yang dimiliki para responden. Oleh karena itu, kemampuan, keahlian maupun ilmu pengetahuan (knowing-how) yang dimiliki para responden mempengaruhi dan akan menuntun responden dalam menciptakan hubungan baru (knowing-how -> knowing-whom). Kata kunci : Entrepreneurship, Three Ways of Knowing, Knowing-Why, Knowing-How, Knowing-Whom. 

Institution Info

Universitas Telkom