Abstract :
Konsep diri merupakan faktor yang sangat menentukan perilaku seseorang, sehingga setiap orang berperilaku sespai dengan konsep dirinya. Terdapat korelasi yang negatif antara konsep diri dengan kecemasan. Kecemasan menghadapi ujian merupakan reaksi emosional yang dirasakan siswa pada saat menghadapi ujian sekaligus dapat menentukan keberhasilannya dalam pendidikan. Studi observasional, melalui analisa deskriptif ini menggunakan 100 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti sebagai koresponden. Metode penelitian menggunakan 34 pertanyaan konsep diri dan 40 pertanyaan kecemasan. Didapatkan hasil penelitian koefisien korelasi (r) sebesar 0,304 dengan p sebesar 0,02 dimana p < 0,05. Hal ini berarti signifikan, serta menunjukan bahwa hipotesis diterima, artinya bahwa terdapat hubungan erat antara konsep diri dengan kecemasan pada mahasiswa dan mahasiswi