Abstract :
UMKM Ivoire Creative menghadapi persaingan pasar yang ketat dari perusahaan yang memiliki usaha sejenis Agar dapat bersaing dan mencapai visi nya UMKM Ivoire Creative perlu melakukan pengukuran kinerja Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Ivoire Creative sampai saat ini belum memiliki model pengukuran kinerja Tujuan dari penelitian ini adalah merancang model dan mengukur kinerja UMKM Ivoire Creative dengan pendekatan Sustainable Balanced Scorecard SBSC Tahapan penelitian ini dimulai dengan analisa faktor internal dan eksternal UMKM analisa SWOT menentukan tujuan strategis merancang alignment strategy perancangan peta strategi menentukan KPI dan pembobotan Hasil pembobotan digunakan untuk pengukuran kinerja agar menghasilkan weighted score yang dijadikan tolak ukur kinerja UMKM Terdapat lima perspektif pada hasil rancangan SBSC serta bobotnya yaitu Finansial 022 Pelanggan 020 Proses Bisnis Internal 018 Pembelajaran Pertumbuhan 019 Sustainability 021 Hasil pengukuran kinerja dari masing masing perspektif tersebut dikalikan dengan bobot setiap perspektif dan akumulasikan sehingga menghasilkan nilai kinerja UMKM sebesar 46 dengan kategori Sangat Baik Namun Ivoire Creative masih memerlukan perbaikan kinerja pada Perspektif Pelanggan terutama Customer Acquisition dengan melakukan Market Penetration