DETAIL DOCUMENT
Strategi Pengembangan Objek Wisata Gua Lowo Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan Kabupaten Trenggalek,
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Ridlo, Hendita Yanuar
Subject
351 Public administration 
Datestamp
2021-10-17 14:15:01 
Abstract :
Pengembangan pariwisata sangat penting untuk dilakukan, sebab selain tidak harus mengeksploitasi sumber daya alam seperti sektor migas, pengelolaan sektor pariwisata secara benar akan dapat mendatangkan devisa dalam jumlah besar hanya dengan menjual keindahan alam dan keanekaragaman budaya. Selain itu kesejahteraan masyarakat sekitar juga dapat meningkat dengan multiplier effect yang ditimbulkan. Di Kabupaten Trenggalek, pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu program dan prioritas utama pemerintah daerah. Salah satu yang menjadi unggulan adalah Gua Lowo, yang merupakan Gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara, bahkan di Asia. Namun, perkembangan yang terjadi selama ini dirasa masih kurang selaras dengan potensi yang dimiliki. Untuk itu diperlukan penelitian tentang strategi pengembangan objek wisata Gua Lowo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai potensi dan daya tarik objek wisata Gua Lowo; strategi Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangannya; serta faktor-faktor strategis lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh dalam upaya pengembangan objek wisata Gua Lowo. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, wawancara, penyebaran angket (kuesioner), dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, serta analisis Matriks Internal-Eksternal (IE) dengan identifikasi faktor-faktor strategis menggunakan analisis Matriks IFAS dan EFAS, sehingga dapat diketahui posisi strategis Gua Lowo dan strategi umum pengembangannya, kemudian dilanjutkan dengan analisis Matriks SWOT untuk merancang usulan strategi alternatif pengembangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi letak dan daya tarik objek wisata Gua Lowo sangat prospektif untuk dikembangkan. Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek juga telah melakukan upaya pengembangan melalui berbagai strategi yaitu : strategi peningkatan sarana dan prasarana; pengembangan objek dan daya tarik wisata; peningkatan pemasaran dan promosi wisata; serta peningkatan peran serta masyarakat dan pihak swasta. Dari hasil identifikasi faktor-faktor strategis lingkungan internal dapat diketahui kekuatan dan kelemahan dalam pengembangan objek wisata Goa Lowo, sedangkan dari faktor strategis lingkungan eksternal dapat diketahui peluang dan ancamannya. Hasil analisis Matriks IE dengan merujuk hasil analisis Matriks IFAS-EFAS didapat posisi objek wisata Gua Lowo berada pada sel V, dengan menghasilkan saran atau strategi umum ( grand strategy ) berupa strategi stabilitas (tidak ada perubahan dengan tetap berusaha meningkatkan profit) dan strategi pertumbuhan (konsentrasi melalui integrasi horizontal). Sedangkan dari hasil analisis Matriks SWOT menghasilkan empat (4) usulan strategi alternatif yaitu : strategi pengembangan produk dan daya tarik wisata; strategi pengembangan sarana prasarana dan promosi wisata; strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan; serta strategi pengembangan SDM dan koordinasi antar sektor. 

File :
051300917.pdf
Institution Info

Universitas Brawijaya