DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas informasi, Dan Kualitas Pelayanan SIAKAD terhadap Kepuasan mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2009 Program Strata Satu Fakultas Ilmu Administrasi Universitas B
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Wahyudi, Riza
Subject
658 General management 
Datestamp
2021-10-18 04:16:39 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan SIAKAD, terhadap kepuasan mahasiswa secara parsial dan simultan Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah explanatory research . Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan pengambilan sampel berjumlah 89 mahasiswa angkatan 2009 strata satu Fakultas Ilmu Admnistrasi Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan rumus Slovin pengambilan sampel secara random . Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi parsial. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama - sama (simultan) variabel bebas dalam penelitian adalah variabel kualitas sistem, variabel kualitas informasi, dan variabel kualitas pelayanan SIAKAD berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan mahasiswa, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 31.641 lebih besar dari F tabel yaitu 2.72 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Hal ini berarti variabel kualitas sistem, variabel kualitas informasi, dan variabel kualitas pelayanan SIAKAD berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan mahasiswa. Sedangkan hasil secara parsial masing-masing variabel berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, yang ditunjukkan dengan besarnya nilai t-hitung masing-masing variabel di atas t-tabel (1.99) dan signifikansi masing-masing variabel di bawah 5% sehingga dapat disimpulkan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini agar selanjutnya menggunakan atau menambahkan variabel lain seperti variabel intention to use , dan net benefit . Dengan penambahan ini dapat memberikan informasi ilmiah yang lebih lengkap, mendalam dan teruji yang pada akhirnya akan dapat memberikan sumbangan didalam memajukan bidang akademik atau dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Saran bagi bagi pihak harus dapat meningkatkan kinerja SIAKAD terutama dalam pelayanan akademik. Agar apa bila mahasiswa mengalami kendala dapat terbantu dengan maksimal. 
Institution Info

Universitas Brawijaya