DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penyuluhan, Pelayanan, Pemeriksaan dan Saksi terhadap Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara),
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Andyastuti, Listiana
Subject
658 General management 
Datestamp
2021-10-18 05:09:01 
Abstract :
Sebuah negara memerlukan dana yang tidak sedikit untuk menjalankan pemerintahan dan pembangunan. Dana tersebut berasal dari segenap potensi sumber daya yang dimiliki suatu negara, baik berupa hasil sumber daya alam (migas dan non migas) maupun iuran dari masyarakat. Pajak menjadi penerimaan utama bagi negara dalam membiayai operasional negara karena seiring berjalannya waktu, cadangan migas yang dulu menjadi penerimaan utama negara semakin menipis. Penerimaan pajak nasional semakin tahun semakin meningkat, namun pertumbuhan pajak pada tahun 2012 mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan dan sanksi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui dari variabel penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan dan sanksi, variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi. Penelitian ini mengkaji kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pada KPP Pratama Malang Utara dengan mengunakan variabel bebas penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan dan sanksi. Populasi pada penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara yang berjumlah 56.837 Wajib Pajak. Tidak semua Wajib Pajak Orang Pribadi menjadi objek penelitian ini karena jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi sangat banyak. Guna efisiensi waktu dilakukan pengambilan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling dengan teknik Sampling Aksidental . Jumlah sampel ditentukan 100 Wajib Pajak Orang Pribadi. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa variabel penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan dan sanksi berpengaruh positif yang signifikan terhadap kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Orang Pribadi. Variabel pelayanan menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Orang Pribadi. Diharapkan pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara dapat mempertahankan serta meningkatkan kinerja terhadap pelayanan, karena variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi. Peningkatan kinerja pelayanan dapat dilakukan diantaranya dengan menambah jumlah karyawan pelayanan yang berada di ruang TPT (Tempat Pelayanan Terpadu) dan membuat sistem dimana Wajib Pajak Orang Pribadi yang ingin membuat NPWP tidak pada daerahnya dapat membuat NPWP disemua Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Indonesia, sehingga Kepatuhan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi akan meningkat. 
Institution Info

Universitas Brawijaya