DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Perilaku Pembelian Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Kartikasari, Didin
Subject
658 General management 
Datestamp
2022-03-04 02:45:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh secara bersama ? sama dan parsial antara Perilaku Pembelian Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan Merek Indomie. Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif karena dilatar belakangi oleh tujuan awal penelitian yaitu menjelaskan mengenai pengaruh variabel ? variabel yang hendak diteliti dan kemudian menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Variabel penelitian tersebut adalah variabel Budaya ( ), Sosial ( ), Pribadi ( ), dan Psikologis ( ) sebagai variabel ? variabel yang mempengaruhi dan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji F dan analisis parsial uji Tuntuk mengetahui pengaruh baik secara bersama ? sama maupun parial antara variabel yang diteliti. Hasil yang didapat adalah nilai F sebesar 9,905 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehinga dalam penelitian ini variabel budaya ( ), sosial ( ), pribadi ( ) dan psikologis( ) memiliki pengaruh secara bersama ? sama terhadap keputusan pembelian. Nilai adjusted R square yang menunjukan sebesar 0,248 atau 24,8% yang artinya keempat variabel yaitu budaya ( ), sosial ( ), pribadi ( ) dan psikologis( ) memberikan kontribusi sebesar 24, 8% terhadap Keputusan Pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Nilai R yaitu sebesar 0, 525 menunjukan variabel budaya ( ), sosial ( ), pribadi ( ) dan psikologis( ) memiliki keeratan hubungan sedang dengan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y). Variabel sosial dan psikologis memiliki pengaruh secara parsial terhadap struktur keputusan pembelian. Variabel sosial memiliki probabilitas (Sig.) lebih kecil dari 0,05 (0,040 < 0,05), sedangkan variabel psikologis probabilitas (Sig.) lebih kecil dari 0,05 (0,011 < 0,05). Oleh karena itu variabel sosial dan psikologis dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelain. Variabel budaya dengan probabilitas (Sig.) lebih besar dari 0,05 (0,548 > 0,05) dan variabel pribadi dengan (Sig.) lebih besar dari 0,05 (0,106 > 0,05) sehingga dalam penelitian ini variabel budaya dan variabel pribadi tidak berpengaruh secara parsial terhadap struktur keputusan pembelian. Sedangakan variabel variabel sosial memiliki pengaruh dominan terhadap struktur keputusan pembelian dengan koefisien regresi sebesar 0,149. 
Institution Info

Universitas Brawijaya