DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Masyarakat Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Yang menggunakan Honda Beat plat N (Lumajang) produksi 2010-2012)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Maimunatussa`Diyah, Siti
Subject
658 General management 
Datestamp
2021-10-18 05:23:02 
Abstract :
Layanan Purna Jual merupakan salah satu bentuk fasilitas layanan yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen agar terbentuk hubungan dengan perusahaan setelah proses penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis serta menjelaskan variabel-variabel dalam Layanan Purna Jual yang terdiri dari Garansi (X1), Servis (X2), Suku Cadang (X3), Konsultasi Lanjutan (X4), yang mempertimbangkan konsumen dalam melakukan Proses Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakna adalah Explanatory Research. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner jumlah sampel 75 orang responden yang merupakan penggunaka Honda Beat plat N (Lumajang) produksi 2010-2012. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskripif, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh yang signifikan dari keempat variabel Layanan Purna Jual (X), yang terdiri dari Garansi (X1), Servis (X2), Suku Cadang (X3), dan Konsultasi Lanjutan (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nila F hitung 19,026 dengan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05) dan nilai R Square yaitu sebesar 0,521. Hal ini membuktikan bahwa variabel-variabel Layanan Purna Jual (X) secara simultan memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini membuktikan bahwa variabel-variabel Layanan Purna Jual (X) secara simultan memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai presentase sebesar 52,1% sedangkan sisanya sebesar 47,9% dari variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini. Secara parsial terdapat dua Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), yaitu Garansi (X1) dan Suku Cadang (X3). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Suku Cadang (X3) berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien beta tertinggi yaitu 0,355 dan nilai t hitung yang paling besar yaitu 2,711. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Layanan Purna Jual mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Suku Cadang (X3) berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) oleh karena itu dealer Astra Honda Motor hendaknya mengoptimalkan pengimplementasian Layanan Purna Jual melalui peningkatan pelayanan Suku Cadang (X3) sehingga konsumen merasa aman dalam menggunakan sepeda motor Honda Beat mengingat semakin beragam dan banyaknya pesaing dalam industri otomotif. 

File :
051305808.pdf
Institution Info

Universitas Brawijaya