DETAIL DOCUMENT
Analisis Penerapan Metode Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT. PLN (Persero) Area Pasuruan periode 2010-2011),
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Rahmawati, WennySusilo
Subject
658 General management 
Datestamp
2021-10-18 04:44:18 
Abstract :
Kebutuhan perusahaan akan pentingnya peranan manajemen strategi untuk merespon perubahan yang terjadi dimasa yang akan datang serta menciptakan masa depan perusahaan yang unggul menghadapkan perusahaan pada penerapan metode pegukuran kinerja yang tepat dan lengkap secara keseluruhan, yaitu Balanced Scorecard . Balanced Scorecard memiliki empat perspektif yang merupakan satu kesatuan yang mempunyai hubungan saling keterkaitan antara satu dan lainnya serta berhubungan erat dengan misi dan strategi perusahaan yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. PLN (Persero) Area Pasuruan dengan penerapan metode Balanced Scorecard periode tahun 2010-2011. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data pada penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) Area Pasuruan, dengan teknik pengambilan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Balanced Scorecard pada perusahaan sudah baik. Penilaian kinerja berdasarkan Keputusan Menteri BUMN No:KEP-100/MBU/2002 dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya bobot angka PT. PLN (Persero) Area Pasuruan periode 2010 dan 2011 mengalami peningkatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan perusahaan. Analisis tahun 2010 PT. PLN (Persero) Area Pasuruan mampu memperoleh total nilai sebesar 93,44% dan meningkat pada tahun 2011 yaitu sebesar 96,26%. PT. PLN (Persero) Area Pasuruan agar lebih meningkatkan lagi kinerja pada semua perspektif khususnya pada indikator-indikator yang belum mencapai target untuk periode selanjutnya, begitu pula serta kualitas sumber daya manusia agar menjadi perusahaan yang berkualitas. 
Institution Info

Universitas Brawijaya