DETAIL DOCUMENT
Praktik Konvergensi Media Dan Pelaksanaan Homogenitas Informasi (Study Pada Grup Kompas Gramedia)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Zakiah, Intan Suryaningtyas
Subject
Subject Not Defined 
Datestamp
2021-10-19 02:50:34 
Abstract :
Sebagai grup media yang besar, Kompas Gramedia juga ikut bagian dalam praktik konvergensi melalui tiga medianya yaitu Harian Kompas, Kompas.com dan Kompas TV. Banyak praktik Konvergensi yang kini dilakukan oleh berbagai media massa, namun penelitian secara akademis khususnya di Indonesia masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktik konvergensi media yang ada di Grup Kompas Gramedia serta melihat homogenitas informasi media sebagai bagian dari konvergensi tersebut. Manfaat teoritis penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kajian komunikasi massa khususnya perkembangan media di era konvergensi media. Sementara manfaat praktisnya memberikan gambaran pelaksaan konvergensi media sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan Grup Kompas Gramedia dalam pengembangan media kedepan. Sebagai landasan teoritis, penelitian ini akan dipandu dengan teori komunikasi massa, yang dipadu dengan konsep konvergensi dan homogenitas konten media. Penelitian ini menggunakan metode deskritif dengan pendekatan kualitatif yang mengacu pada beberapa konsep konvergensi menurut berbagai ahli. Menurut hasil wawancara yang didukung data serta literatur lainnya, konvergensi media utamanya terlihat pada tiga media utama Grup Kompas Gramedia yaitu Harian Kompas, Kompas.com dan Kompas TV. Konvergensi di Kompas Gramedia diawali dengan hadirnya Kompas.com sehinga konten yang ada di Harian Kompas dan Kompas TV dapat didigitalisasi kedalam Kompas.com. Berdasarkan konsepsi berbagai ahli, Grup Kompas Gramedia melaksanakan beberapa level konvergensi diantaranya konvergensi kepemilikan, konvergensi promosi silang dan konvergensi konten media. Homogenitas informasi konten media menjadi satu hal yang utama dalam praktik konvergensi ini karena dengan adanya konvergensi maka sebuah materi informasi media dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk media. Namun struktur dari media tetaplah mandiri sehingga tidak terjadi pembauran ruang berita seperti yang dikonsepsikan ahli sebelumnya. 
Institution Info

Universitas Brawijaya