Abstract :
Kota Malang merupakan salah satu kota yang mendukung agenda prioritas nasional “nawa
cita†terkait pengembangan industri kreatif. Kuliner merupakan salah satu sub sektor
industri kreatif yang memiliki pengaruh signifikan bagi perekonomian Kota Malang, salah
satuya ialah kuliner khas Kota Malang. Penelitin ini ditujukan bertujuan untuk mengetahui
visi dan misi, strategi, dan rencana aksi pengembangan industri kreatif kuliner khas Kota
Malang. Pengembangan industri kreatif kuliner khas Kota Malang membutuhkan adanya
perencanaan, metode perencanaan yang digunakan merupakan perencanaan strategis
dengan alat analisis value proposition, critical success factor, dan SWOT. Value
proposition yang dihasilkan ialah product leadership yang menjadi acuan perumusan visi
dan misi. Terdapat empat misi dan tujuh strategi, dan sembilan belas poin yang terfokus
pada pengembangan sumberdaya manusia dan sarana pendukung, peningkatan penggunaan
teknologi, peningkatan kualitas bahan baku, dan perluasan jangkauan pemasaran.