Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kualitas sistem,
kualitas informasi, kualitas layanan, dan kegunaan persepsian terhadap kepuasan
pengguna Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD). Selain itu, penelitian ini juga meneliti
peran mediasi kegunaan persepsian pada pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan
kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna SIKD. Teori yang digunakan Technology
Acceptance Model (TAM), model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean (2003)
dan model kesuksesan sistem informasi Seddon dan Kiew (1996). Data didapatkan dari 147
staf pengelola keuangan daerah di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di
Pemerintah Kota Batu. Sampel dipilih dengan metode judgment sampling. Teknik analisis
menggunakan PLS (Partial Least Square) dengan Software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian
menunjukkan temuan, pertama, kualitas informasi dan kegunaan persepsian berpengaruh
positif terhadap kepuasan pengguna. Kedua, kegunaan persepsian berhasil memediasi
secara parsial pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. Semakin baik
kualitas informasi dan semakin tinggi kepercayaan pengguna bahwa sistem informasi
bermanfaat akan senantiasa meningkatkan kepuasan pengguna. Selanjutnya, meningkatnya
kepercayaan pengguna bahwa sistem informasi tersebut bermanfaat disebabkan oleh
kualitas informasi yang baik sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan
keputusan strategis yang pada akhirnya berdampak meningkatnya kepuasan pengguna.