DETAIL DOCUMENT
Peran Mediasi Kegunaan Persepsian Pada Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Keuangan Daerah (Sikd) (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Batu)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Utama, Sendy Cipta
Subject
658.15 Financial management 
Datestamp
2021-11-29 07:39:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan kegunaan persepsian terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD). Selain itu, penelitian ini juga meneliti peran mediasi kegunaan persepsian pada pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna SIKD. Teori yang digunakan Technology Acceptance Model (TAM), model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean (2003) dan model kesuksesan sistem informasi Seddon dan Kiew (1996). Data didapatkan dari 147 staf pengelola keuangan daerah di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Batu. Sampel dipilih dengan metode judgment sampling. Teknik analisis menggunakan PLS (Partial Least Square) dengan Software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan temuan, pertama, kualitas informasi dan kegunaan persepsian berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Kedua, kegunaan persepsian berhasil memediasi secara parsial pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. Semakin baik kualitas informasi dan semakin tinggi kepercayaan pengguna bahwa sistem informasi bermanfaat akan senantiasa meningkatkan kepuasan pengguna. Selanjutnya, meningkatnya kepercayaan pengguna bahwa sistem informasi tersebut bermanfaat disebabkan oleh kualitas informasi yang baik sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis yang pada akhirnya berdampak meningkatnya kepuasan pengguna. 
Institution Info

Universitas Brawijaya