DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Komunikasi Efektif Bidan Dengan Indikator Yang Mempengaruhi Kepuasan Ibu Hamil Dalam Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Tembelang Kabupaten Jombang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Ningrum, Pratama Ayu Widiya
Subject
612.63 Pregnancy and childbirth 
Datestamp
2022-02-11 08:05:08 
Abstract :
Komunikasi efektif adalah penyampaian informasi yang dilakukan oleh pengirim pesan terhadap penerima pesan dengan menerapkan lima prinsip dasar komunikasi efektif, yaitu respect, empathy, audible, clarity, humble yang sering disingkat dengan REACH. Komunikasi efektif bidan diharapkan meningkatkan kepuasan ibu hamil dalam pelayanan antenatal care, data di lapangan menunjukkan semakin efektif komunikasi bidan semakin puas pula ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal care. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif bidan dengan indikator yang mempengaruhi tingkat kepuasan ibu hamil meliputi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible dalam mendapatkan pelayanan antenatal care. Instrument pada penelitian ini menggunakan kuisioner untuk mengidentifikasi komunikasi efektif bidan dan tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan antenatal care. Desain penelitian ini adalah survey dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Lima puluh enam ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal care di Puskesmas Tembelang dipilih sebagai responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah chi square dengan ? = 0.005 dan CI = 95%. Hasil uji statistik menunjukkan tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan antenatal care dipengaruhi oleh komunikasi efektif bidan (p = 0,029) dan komunikasi efektif meningkatkan tingkat kepuasan sebesar 9,7 kali dibandingkan dengan komunikasi tidak efektif (OR = 9,706). 
Institution Info

Universitas Brawijaya