DETAIL DOCUMENT
Orientasi dan Preferensi Masyarakat Terhadap Pemilihan Distro dan Kafe di Kota Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Rachmawati, Yulinda Dizah
Subject
711.55 Functional areas 
Datestamp
2022-02-11 08:06:03 
Abstract :
Gaya hidup masyarakat kota semakin bervariasi salah satunya yaitu gaya hidup konsumtif yang semakin tinggi. Kota Malang yang dikenal sebagai kota pelajar menjadikan adanya potensi pasar yang menjadikan pelaku usaha membuka usaha yang dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup salah satunya yaitu Distro dan Kafe. Belakangan ini yang terjadi di Kota Malang yaitu fenomena Distro dan Kafe yang tumbuh dengan pesat. Lokasi tumbuhnya Distro dan kafe berada di Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Klojen yang dikarenakan wilayah tersebut merupakan kawasan pendidikan utumanya yaitu kawasan Universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi dan preferensi masyarakat terhadap pemilihan Distro dan Kafe di Kota Malang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis sebaran Distro dan Kafe, karakteristik Distro dan Kafe, karakteristik konsumen Distro dan Kafe, Analisis Orientasi, Analisis Faktor, dan Analisis Regresi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 191 unit yang terdiri dari 42 unit Distro, dan 149 unit Kafe yang tersebar pada 5 kecamatan di Kota Malang. Berdasarkan hasil identifikasi terhadap karakteristik Distro, Distro di Kota Malang dibedakan menjadi dua jenis yaitu Ekslusif Distro, dan Non Ekslusif Distro, sedangkan berdasarkan identifikasi karakteristik kafe, kafe di Kota Malang bisa dibedakan menjadi tiga jenis kafe yaitu kafe yang hanya menjual minuman, kafe yang menjual minuman dan makanan ringan,serta kafe yang menjual minuman, makanan ringan dan makanan berat. Mayoritas konsumen yang berkunjung ke Distro dan Kafe yaitu pada rentang usia 20-24 tahun. Berdasarkan analisis orientasi diketahui bahwa sebesar 76,34% masyarakat memilih berkunjung ke Distro diluar kecamatan tempat tinggal, dan sebesar 23,65% masyarakat memilih berkunjung ke Distro didalam kecamatan, serta sebesar 68,92% masyarakat memilih berkunjung ke kafe diluar kecamatan tempat tinggal, dan sebesar 31,07% masyarakat yang memilih berkunjung ke kafe didalam kecamatan. Hasil dari analisa faktor menunjukan terdapat 11 variabel yang mempengaruhi masyarakat terhadap pemilihan berkunjung ke Distro, dan terdapat 13 variabel yang mempengaruhi masyarakat terhadap pemilihan berkunjung ke Kafe. Berdasarkan model analisa regresi variabel yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam berkunjung ke Distro pada masing-masing kecamatan di Kota Malang variabel yang paling banyak ditemui yaitu variabel kualitas produk, sedangkan pada model analisa regresi variabel yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam berkunjung ke Kafe pada masing-masing keecamatan di Kota Malang variabel yang paling banyak ditemui yaitu variabel beragam variasi atau jenis produk. 
Institution Info

Universitas Brawijaya