Abstract :
Terdapat 9 domain yang terkait dengan fungsi kognitif dan salah satunya adalah pemahaman bacaan (reading comprehension). Stres di dalam lingkungan belajar merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada tingkat kinerja kognitif mahasiswa. Salah satu daripada mekanisme stress-coping yang digunakan mahasiswa adalah memilih untuk mendengarkan musik yang mempunyai pelbagai variasi aliran. Aliran musik yang berbeda mempunyai beragam intensitas yang dapat memberikan pengaruh kepada tingkat kinerja kognitif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan mendengarkan aliran musik yang berbeda dan konsentrasi dalam pemahaman bacaan (reading comprehension) di kalangan mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Metode penelitian adalah dengan pendekatan true experimental design dengan percobaan yang dilakukan pada subyek dengan post-test only control group design. Hasil Uji Anova (P=0.030; α=<0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pemberian aliran musik yang berbeda dengan konsentrasi pemahaman bacaan (reading comprehension). Hasil Uji Kolerasi Fisher Exact Test (P=0.030; α=< 0.05) menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pemberian aliran musik yang berbeda dengan konsentrasi dalam pemahaman bacaan (reading comprehension). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara mendengarkan aliran musik yang berbeda terhadap kinerja kognitif mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya: Konsentrasi dalam pemahaman bacaan (reading comprehension).