DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Desirability Dan FeasibilityTerhadap Creativity DanTechnopreneurship Intentions (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Mursityo, Yusi Tyroni
Subject
338.04 Entrepreneurship 
Datestamp
2021-11-30 01:22:43 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan seseorang dengan technopreneurship, kemudian memperkirakan perilaku pengguna dan memeriksa tujuan mereka akan membuka lebar penelitian yang telah ada mengenai hubungan antara penerapan technopreneurship bidang teknologi informasi dan penggunanya. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan mahasiswa bidang teknologi informasi terutama Desirability dan Feasibility terhadap Creativity dan intention untuk mengembangkan technopreneurship ketika mereka sebelum lulus dan sesudah lulus dari lingkup pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Perceived Desirability terhadap Creativity, pengaruh Perceived Feasibility terhadap Creativity, pengaruh Perceived Desirability terhadap Technopreneurship Intention, pengaruh Perceived Feasibility terhadap Technopreneurship Intention, dan pengaruh Creativity terhadap Technopreneurship Intention. Dengan menggunakan sample dari 187 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Malang, penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi tersebut sesuai dengan Desirability, Feasibility dan Creativity yang secara positif berhubungan dengan Technopreneurship Intentions yang ingin diukur. Analisis dilakukan dengan metode SEM-PLS menggunakan SPSS dan Warp-PLS. Hasil penelitian ini adalah 1) Perceived Desirability berpengaruh signifikan positif terhadap Creativity, menunjukkan Perceived Desirability mampu meningkatkan Creativity dari mahasiswa, 2) Perceived Feasibility berpengaruh signifikan positif terhadap Creativity, menunjukkan Perceived Feasibility mampu meningkatkan Creativity dari mahasiswa, 3) Perceived Desirability berpengaruh signifikan positif terhadap Technopreneurship Intention, menunjukkan Perceived Desirability mampu meningkatkan Technopreneurship Intention dari mahasiswa, 4) Perceived Feasibility berpengaruh signifikan positif terhadap Technopreneurship Intention, menunjukkan Perceived Desirability mampu meningkatkan Technopreneurship Intention dari mahasiswa, dan 5) Creativity berpengaruh signifikan positif terhadap Technopreneurship Intention, menunjukkan Creativity mampu meningkatkan Technopreneurship Intention dari mahasiswa. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa 6) vi Creativity menjadi variabel yang memediasi secara penuh untuk variabel Perceived Desirability dan Perceived Feasibility terhadap variabel Technopreneurship Intentions. Secara menyeluruh temuan yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan adanya bukti empiris mengenai pentingnya faktor Desirability, Feasibility dan Creativity terhadap Technopreneurship Intentions. Saran dari penelitian ini adalah kemungkinan adanya implementasi penerapan kurikulum berbasis kewirausahaan yang sesuai bagi mahasiswa FILKOM UB terutama Technopreneurship Intentions, terlebih lagi apabila dapat diberikan fasilitas dan dukungan yang lebih mengutamakan the best interest dari mahasiswa untuk menjadi lulusan yang mampu bersaing di era digital. 
Institution Info

Universitas Brawijaya