Abstract :
Pengalaman pasien merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasii makna pengalaman pasien dalam pelayanan yang diterima selama masa perawatansebagai tinjauan implementasi patient centered care (PCC). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan pada penelitian ini adalah pasien kanker payudara, pasien jantung, dan pasien yang menjalani operasi SC. Data diperoleh melalui wawancara mendalam pada ketiga informan tersebut. Hasil penelitian mengidentifikasi 10 tema pengalaman pasien yaitu, mengkhawatirkan adanya sesuatu yang tidak nyaman di tubuhnya, pasrah kepada rekomendasi dokter, merasa nyaman dan tidak nyaman dalam pelayanan yang diterima, stres saat mengetahui penyakit yang diderita, penderitaan dari kanker yang diderita, perasaan takut pada penyakit kanker yang diderita, merasa tidak punya pilihan terhadap sakit yang diderita, mendapat dukungan semangat, menahan diri dari berpikir yang memperlambat kesembuhan, dan tidak mendapatkan penjelasan. Kesepuluh tema tersebut menggambarkan dimensi PCC. namun dalam pelaksanaannya belum seluruh dimensi PCC terlaksana dengan baik.