DETAIL DOCUMENT
Media Sosial Dalam Politik (Studi Kasus: Platform Media Sosial Pasangan Anies-Sandi pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Kumara, Olla Manda
Subject
324.73 Use and effect of media 
Datestamp
2020-12-07 22:28:11 
Abstract :
Penelitian ini menggambarkan tentang pengelolaan platform media sosial sebagai strategi pemenangan pasangan Anies-Sandi pada pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 putaran kedua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Skripsi ini berusaha untuk menjawab mengenai pentingnya media sosial sebagai instrumen politik pasangan Anies-Sandi pada pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 dan strategi marketing politik melalui pengelolaan platform media sosial pasangan Anies-Sandi dalam proses pemenangan pada pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa media sosial merupakan salah satu instrumen penting bagi pasangan Anies-Sandi karena media sosial mempunyai pengaruh kuat dalam mempengaruhi peferensi pemilih dan juga dapat menumbuhkan kepercayaan publik terhadap sosok pasangan Anies-Sandi. Hal itu dipengaruhi oleh faktor wilayah DKI Jakarta dengan masyarakat urban yang intensitas penggunaan media sosialnya tinggi. Facebook dan twitter merupakan platform media sosial paling efektif digunakan pasangan Anies-Sandi dalam proses pemenangannya. Langkah awal yang di tempuh dalam mengelola strategi marketing politik melalui media sosial adalah dengan menentukan segmen, mengingat masyarakat DKI Jakarta berasal dari berbagai rentang usia, suku, agama, dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Media sosial digunakan pasangan Anies-Sandi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dengan rentang usia 17-30 tahun pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Yang menjadikan platform media sosial pasangan Anies-Sandi berbeda adalah penyajian materi konten dengan tone warna, typografi, desain, logo dan jargon yang lebih mudah dicerna oleh publik, misalnya Jakarta Maju Bersama. Kata "Bersama" efektif dimainkan oleh tim Anies-Sandi, direplikasi, diturunkan menjadi program kerja. Selain itu juga terdapat fenomena anomali pemilih di media sosial yang menunjukkan penerimaan publik yang baik terhadap konten media sosial pasangan Anies-Sandi. Berdasarkan metode dan rumusan masalah diatas, media sosial merupakan sarana penyampaian ide dan gagasan yang efektif menjangkau pemilih pemula dan juga yang menentukan kemenangan pasangan Anies-Sandi adalah figur yang ditampilkan dalam konten media sosialnya. 

Institution Info

Universitas Brawijaya