Abstract :
Restoran Mie Cobek Malang adalah restoran yang berdiri di Kota Malang.
Persaingan bisnis dibidang penyediaan makanan dan minuman semakin ketat
karena banyaknya pesaing baru yang terus bermunculan. Hal ini menyebabkan
perlunya analisis SWOT untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan
kelemahan untuk dapat merumuskan dan mengimplementasikan strategi yang
sesuai. Dalam perumusan strategi ini melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah
tahap masukan dengan melakukan analisis EFE dan IFE. Kemudian tahap yang
kedua adalah tahap pencocokan dengan menggunakan alat analisis matriks IE dan
matriks grand strategy. Tahap yang ketiga adalah tahap keputusan dengan
menggunakan matriks QSPM. Pada tahap masukan hasil analisis EFE
menunjukkan total skor bobot kekuatan 3,30 dengan nilai peluang sebesar 2,12
dan nilai ancaman sebesar 1,18. Analisis IFE menghasilkan total skor bobot
sebesar 2,89 dengan nilai kekuatan sebesar 2,17 dan kelemahan sebesar 0,72.
Pada tahap pencocokan hasil analisis IE berada pada sel II dan strategi yang dapat
diterapkan adalah strategi intensif dan integrasi. Hasil analisis matriks grand
strategy berada pada kuadran I yaitu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi
intensif, integrasi, dan diversifikasi. Pada tahap keputusan hasil analisis matriks
QSPM menunjukkan bahwa Restoran Mie Cobek Malang lebih cocok untuk
menggunakan strategi integrasi pasar.