Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Rezeqiati, Dini Permatalia
Subject
658.812 Customer relations
Datestamp
2021-11-02 05:03:14
Abstract :
Tujuan penelitian dilakukan 1) Untuk menguji pengaruh kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Malang
2) Untuk menguji pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan
pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Malang 3) Untuk menguji pengaruh
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada BPJS Ketenagakerjaan
Cabang Kota Malang 4) Untuk menguji pengaruh kualitas layanan terhadap
loyalitas melalui kepuasan pelanggan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota
Malang.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan BPJS Ketenagakerjaan
Cabang Kota Malang, dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur
(path analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa 1) Terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas
pelanggan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota. 2) Terdapat pengaruh kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota
Malang dan 3) Terdapat pengaruh antara variabel dependen terhadap variabel
intervening, dan terdapat pengaruh antara variabel intervening terhadap variabel
dependen, sehingga bisa dikatakan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh
secara tidak langsung pada loyalitas pelanggan melalui variabel intervening
kepuasan pelanggan.