Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh Celebrity endorser
terhadap citra merek, (2) pengaruh Celebrity endorser terhadap keputusan
pembelian, (3) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau
explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini
meliputi Celebrity endorser, citra merek dan keputusan pembelian. Populasi
penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Malang Strudel. Jumlah
sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang
diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data
menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan
analisis jalur (path analisys).
Hasil analisis jalur (path analisys) menunjukkan bahwa (1) Variabel
Celebrity Endorser (X) berpengaruh signifikan terhadap Variabel Citra Merek
(Y1), (2) Variabel Celebrity Endorser (X) berpengaruh signifikan terhadap
variabel Keputusan Pembelian (Y2), (3) Variabel Citra Merek (Y1) berpengaruh
signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y2). Berdasarkan hasil
penelitian ini, sebaiknya Malang Strudel tetap mempertahankan Celebrity
Endorser yang terbukti dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk
Malang Strudel.