DETAIL DOCUMENT
Analisis Dampak Pemasaran Di Media Sosial Online Terhadap Citra Merek, Minat Beli Konsumen, Dan Net Promoter Score (Pendekatan Eksperimental Virtual Brand Following pada aplikasi Instagram produk Fast Moving Consumer Goods @erigostore pada Mahasiswa S1 Un
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Dwianto, Akmal Ghani
Subject
658.8 Managemet of marketing 
Datestamp
2021-10-26 05:19:59 
Abstract :
Perusahaan dan para pelaku bisnis sekarang memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan calon konsumer dan juga pelanggannya sekaligus melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial. Kegiatan ini disebut Social Media Marketing. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan media sosial online tersebut adalah Erigo yang menggunakan Instagram. Instagram memiliki fitur Following dimana seorang pengguna Instagram dapat mem-Follow sebuah akun Instagram dan pengguna tersebut akan terpapar oleh seluruh kegiatan akun tesebut. Tindakan tersebut disebut Brand Following. Citra Merek perusahaan, Minat Beli seseorang, dan tingkat motivasi seseorang untuk mempromosikan sebuah merek akan berubah seiring berjalannya waktu mengenai suatu merek jika individu tersebut terpapar oleh informasi – informasi sebuah produk. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan eksperimen dimana subjek eksperimen akan peneliti meminta subjek penelitian untuk melakukan Virtual Brand Following sebagai konsumer baru terhadap Erigo selama satu bulan dan melihat dampak dari hasil eksperimen tersebut terhadap Citra Merek, Minat Beli konsumen, dan Net Promoter Score (NPS) pada saat pre-test measurement dan post-test measurement dan juga membandingkannya dengan pelanggan lama Erigo dan juga subjek yang tidak melakukan Brand Following ke Erigo sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Experimental atau eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 96 orang subjek yang dibagi ke dalam tiga kelompok sampel berbeda berdasarkan sudah atau belum melakukan Brand Following terhadap Erigo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan cara pengambilan sampel Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner tertulis untuk pre-test dan pembagian kuesioner online menggunakan Google Forms untuk post-test. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji T berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Following memiliki dampak positif dan signifikan terhadap penilaian Citra Merek, Minat Beli, dan skor NPS kelompok sampel eksperimen yang diminta untuk melakukan Virtual Brand Following. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen dan memberikan image positif terhadap perusahaan atau merek, namun tidak cukup untuk memotivasi konsumen tersebut untuk secara inisiatif mempromosikan merek tersebut ke orang disekitarnya. 
Institution Info

Universitas Brawijaya