Abstract :
Perusahaan dan para pelaku bisnis sekarang memanfaatkan media sosial untuk
berinteraksi dengan calon konsumer dan juga pelanggannya sekaligus melakukan
kegiatan pemasaran melalui media sosial. Kegiatan ini disebut Social Media
Marketing. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan media sosial online
tersebut adalah Erigo yang menggunakan Instagram. Instagram memiliki fitur
Following dimana seorang pengguna Instagram dapat mem-Follow sebuah akun
Instagram dan pengguna tersebut akan terpapar oleh seluruh kegiatan akun
tesebut. Tindakan tersebut disebut Brand Following. Citra Merek perusahaan,
Minat Beli seseorang, dan tingkat motivasi seseorang untuk mempromosikan
sebuah merek akan berubah seiring berjalannya waktu mengenai suatu merek jika
individu tersebut terpapar oleh informasi – informasi sebuah produk. Oleh karena
itu, peneliti tertarik untuk melakukan eksperimen dimana subjek eksperimen akan
peneliti meminta subjek penelitian untuk melakukan Virtual Brand Following
sebagai konsumer baru terhadap Erigo selama satu bulan dan melihat dampak dari
hasil eksperimen tersebut terhadap Citra Merek, Minat Beli konsumen, dan Net
Promoter Score (NPS) pada saat pre-test measurement dan post-test measurement
dan juga membandingkannya dengan pelanggan lama Erigo dan juga subjek yang
tidak melakukan Brand Following ke Erigo sebelumnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Experimental atau
eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 96 orang subjek
yang dibagi ke dalam tiga kelompok sampel berbeda berdasarkan sudah atau
belum melakukan Brand Following terhadap Erigo. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan cara pengambilan sampel
Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
penyebaran kuesioner tertulis untuk pre-test dan pembagian kuesioner online
menggunakan Google Forms untuk post-test. Analisis yang digunakan yaitu
analisis deskriptif dan uji T berpasangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Following memiliki dampak
positif dan signifikan terhadap penilaian Citra Merek, Minat Beli, dan skor NPS
kelompok sampel eksperimen yang diminta untuk melakukan Virtual Brand
Following. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa pemasaran melalui media
sosial merupakan salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang efektif dalam
meningkatkan minat beli konsumen dan memberikan image positif terhadap
perusahaan atau merek, namun tidak cukup untuk memotivasi konsumen tersebut
untuk secara inisiatif mempromosikan merek tersebut ke orang disekitarnya.