DETAIL DOCUMENT
Manajemen Perpustakaan Dalam Pelayanan Pemustaka (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Zuriani, Tiara Suci
Subject
025.5 Services for users 
Datestamp
2021-10-26 05:25:42 
Abstract :
Perpustakaan bukan hanya sebuah gedung yang menyimpan informasi tetapi juga sebuah sistem informasi. Perpustakaan yang juga merupakan ruang publik tentu dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sebagai pemustakanya. Pelayanan yang maksimal dapat tercipta dengan adanya manajemen perpustakaan yang baik. Manajemen perpustakaan digunakan agar pelayanan dapat lebih terorganisir dalam penyelenggaraannya. Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang adalah salah satu perpustakaan yang memiliki manajemen perpustakaan dalam menjalankan pelayanannya. Dan juga memiliki reputasi yang baik dalam pelayanan perpustakaannya. Namun, dalam praktiknya pelayanan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang masih mendapat banyak keluhan dari pemustaka. Untuk itu perlu dikaji lebih lanjut mengenai manajemen perpustakaan dalam pelayanan pemustaka pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana manajemen perpustakaan dalam pelayanan pemustaka pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah. Apakah manajemen perpustakaan yang terkait dengan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) sudah dapat memberikan pelayanan yang baik bagi pemustaka. Serta untuk mendeskripsikan faktor – faktor pendukung yang membantu berjalannya pelayanan dan juga faktor – faktor penghambat yang menyebabkan tidak tercapainya pelayanan secara maksimal yang sesuai dengan fungsi manajemen. penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sudah memenuhi beberapa fungsi manajemen seperti perencanaan yang sudah terarah dengan membuat rencana kerja untuk jangka waktu 5 tahun, lalu kemudian dalam fungsi penggerakan yang selalu diberikan pengarahan, komunikasi dan juga motivasi kerja. Namun ditemukan beberapa hal dalam manajemen perpustakaan yang belum berjalan dengan baik seperti pada pengorganisasian yang dimana SDM yang masih kurang kompetensi dan pengetahuan informasi mengenai perpustakaan dan juga pengawasan yang belum maksimal karena masih adanya kegiatan yang telah direncanakan namun belum terlaksana. 
Institution Info

Universitas Brawijaya