Abstract :
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang
muncul setelah membandingkan hasil evaluasi produk yang digunakan oleh
konsumen terhadapa produk, Switching barrier adalah suatu cara untuk
mempersulit kosumen atau memberikan biaya tambahan apabila konsumen
produk berpindah ke produk lain, kepercayaan merek adalah keyakinan kita
bahwa di satu produk ada atribut tertentu. Keyakinan ini muncul, dari persepsi
yang berulang, dan adanya pembelajaran dan pengalaman dari produk, tiga
variabel diatas dapat mempengaruhi Customer Retention sehingga dapat juga
memberikan beberapa menfaat ekonomi yang dapat membuat perusahaan menjadi
lebih maju
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 116 responden
yaitu mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang . teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan analisis Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil analisis
berganda menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial Kepuasan Pelanggan
(X1), Switching Barrier (X2) dan Kepercayaan Merek (X3) mempunyai pengaruh
signifikan terhadap Customer Retention (Y). Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji
simultan diperoleh signifikansi nilai Fhitung sebesar 78,967, sedangkanFtabel (α =
0.05 ; df regresi = 3 : df residual = 112) adalah sebesar 2,680, maka model
analisis regresi adalah signifikan.