Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Muksin, Dian Rizki Maulidiya
Subject
338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Datestamp
2021-10-26 05:27:17
Abstract :
Motivasi merupakan faktor penting bagi calon wisatawan di dalam mengambil keputusan mengenai daerah
tujuan wisata yang akan dikunjungi. Dalam penelitian menggunakan metode kuantitif. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung
Wisatawan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Berkunjung
Wisatawan di Ekowisata Mangrove Surabaya. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Motivasi dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Berkunjung Wisatawan. Penelitian ini
dilaksanakan di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah
wisatawan yang berkunjung di Ekowisata Mangrove. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive
Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 113 responden.Berdasarkan hasil Uji t
pada penelitian ini menunjukan sig. 0,000<0,05 yang berarti Motivasi yang terdiri dari Motivasi Fisik,
Motivasi Sosial dan Motivasi Fantasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
Keputusan Berkunjung Wisatawan. Berdasarkan hasil Uji t dapat diketahui bahwa item Motivasi Fisik,
Motivasi Sosial dan Motivasi Fantasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung
Wisatawan. Hasil Uji t juga menunjukan bahwa Motivasi Fisik pada item (X1.1) memiliki pengaruh yang
paling kuat dibanding item yang lain. Sehingga pada hasil penelitian ini item (X1.1) pada variabel Motivasi
Fisik memiliki pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Berkunjung.