Abstract :
Banyak sekali resiko yang dihadapi oleh perusahaan, terutama perusahaan
yang bergerak di bidang keuangan dan perbankan pastinya berhubungan dengan
banyak konsumen atau pihak-pihak yang berkepentingan dan hal tersebut
menimbulkan berbagai risiko baik risiko yang timbul dari kinerja internal
perusahaan maupun pengaruh lingkungan eksternal perusahaan, Atau kemungkinan
resiko yang timbul dari kedua faktor tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan pada PT. BPR Wlingi Pahala Pakto Adapun
jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode
deskriptif. Fokus penelitian ini adalah risiko-risiko kredit dan proses manajemen
risiko.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. BPR Wlingi Pahala pakto telah
melaksanakan Manajemen Risiko berdasar 4 pilar Manajemen risiko sesuai aturan
Otoritas Jasa Keuangan. Pengidentifikasian risiko kredit pada PT.BPR Wlingi
Pahala Pakto sedikit memiliki kelemahan jika nasabah yang akan mengajukan
kredit memiliki tanggungan kredit di Koperasi tidak dapat dilacak dalam Sistem
Informasi Debitur dan perlu kejujuran serta komunikasi yang baik antara nasabah
dengan Account Officer.
PT.BPR Wlingi pahala pakto sebaiknya melakukan analisis kredit harus
berhati-hati dimana Account Officer harus lebih jeli dan teliti dalam menggali
informasi calon nasabah terutama analisanya harus sesuai dan mendetail
berdasarkan prinsip 6C yang ada dalam SOP perusahaan, sehingga risiko yang
timbul dapat diminimalisir