Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Manuarang, Romario Nimrod
Subject
658.834 Consumer research
Datestamp
2021-10-26 03:32:21
Abstract :
Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan pengaruh secara simultan (bersamasama)
dan parsial Product Knowledge terhadap Purchase Intention pada pengunjung
Toko Buku UB Press, Kota Malang. Variabel independen pada penelitian ini ialah
Subjective Knowledge / Pengetahuan Subyektif (X1), Objective Knowledge /
Pengetahuan Obyektif (X2), dan Experience Knowledge / Pengetahuan berbasis
pengalaman (X3). Variabel dependen pada penelitian ini ialah Purchase Intention /
Minat Beli (Y).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan
(explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 116 orang Pengunjung
Toko Buku UB Press, Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah
kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Subjective Knowledge / Pengetahuan
Subyektif (X1), Objective Knowledge / Pengetahuan Obyektif (X2), dan Experience
Knowledge / Pengetahuan berbasis pengalaman (X3) berpengaruh signifikan secara
simultan (bersama-sama) terhadap Purchase Intention / Minat Beli (Y) yang dapat
dilihat dari nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,508
atau 50,8%. Hal ini menunjukkan bahwa Product Knowledge yang terdiri dari variabel
Subjective Knowledge / Pengetahuan Subyektif (X1), Objective Knowledge /
Pengetahuan Obyektif (X2), dan Experience Knowledge / Pengetahuan berbasis
pengalaman (X3) sebesar 50,8% dapat mempengaruhi Purchase Intention / Minat Beli
(Y). Secara parsial, Subjective Knowledge / Pengetahuan Subyektif (X1) berpengaruh
namun tidak signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai sig. t (0,843) > sig. α
(0,05), Objective Knowledge / Pengetahuan Obyektif (X2) berpengaruh signifikan
terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai sig. t (0,000) < sig. α (0,05), dan Experience
Knowledge / Pengetahuan berbasis pengalaman (X3) berpengaruh signifikan terhadap
Minat Beli (Y) dengan nilai sig. t (0,005) < sig. α (0,05).