Abstract :
Kendaraan telah menjadi bidang penelitian yang diprioritaskan selama beberapa
dekade terakhir.Dengan meningkatnya penggunaan komponen elektrik di industri otomotif
untuk merasakan kondisi sekeliling kendaraan, maka fokus pengembangan teknologi
otomotif saat ini menuju ke pengembangan teknologi aktif.Informasi kelajuan pada
kendaraan konvensional umumnya masih didapatkan berdasarkan rotasi dari roda, tetapi
terdapat kekurangan dalam sistem tersebut yaitu adanya slip antara roda dan jalan yang
dilalui kendaraan juga adanya perubahan jari-jari roda kendaraan akibat kapasitas angin
yang dapat berubah sewaktu-waktu. Dalam penelitian ini digunakan inertial measuring
unit (IMU) 6 sumbu (akselerometer dan gyrometer) dengan menggunakan kalman filter
agar keluaran nilai sensor lebih stabil. Hasil yang didapatkan saat pengujian 0 m/s
memiliki error RMS sebesar 0,8696 m/s saat sudut +450; 0,0393 m/s saat sudut 00; dan
0,3030 m/s saat sudut -450. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi penjajakan untuk
pengembangan sebuah sistem yang layak digunakan sebagai estimator kelajuan kendaraan
yang andal seperti halnya dengan menggunakan speedometer yang sudah ada pada
kendaraan darat umumnya terlepas adanya slip dan perubahan kapasitas angin pada roda.