Abstract :
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat setiap perusahaan
yang ada, khususnya perusahaan yang berkiprah dibidang teknologi saling
menunjukkan inovasi-inovasi yang baru. Kesadaran konsumen dalam
mempertimbangkan keputusan pembelian menjadi sebuah landasan bagi
perusahaan untuk memberikan kualitas yang baik terhadap produk yang
ditawarkan kepada konsumen. Setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran
untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya dan juga mencapai tujuan
perusahaan yaitu memperoleh laba. Kualitas produk dan layanan purna jual salah
satu strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan untuk mempengaruhi perilaku
konsumen.
Tujuan Penelitian adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas
produk Honda (AHM) terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan
menjelaskan pengaruh layanan purna jual perusahaan Honda (AHM) terhadap
keputusan pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan
layanan purna jual secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yakni penelitian
eksplanatori (explanatory research). Menurut Hermawan (2009:20), explanatory
research merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara
variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y),
Pengaruh Layanan Purna Jual (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode survei.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan
Layanan Purna Jual secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 <
0,05 dan nilai adjusted R Square sebesar 0,483. Hal ini menunjukkan bahwa
kontribusi variabel kualitas produk dan layanan purna jual sebesar 48,3%
sedangkan sisanya 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini, secara parsial variabel kualitas produk sebesar 0,269 dan variabel
layanan purna jual sebesar 0,318 berpengaruh secara signifikan dan positif
terhadap variabel keputusan pembelian.