DETAIL DOCUMENT
Analisis Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada Konsumen Java Dancer Coffee Roaster Malang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Amaliyah, Nur Putri
Subject
658.812 Customer relations 
Datestamp
2021-10-26 05:19:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh: (1) pengaruh RelationshipMarketing terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan(3) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatoryresearch dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 115 responden yang merupakan pelanggan Java Dancer Coffee Roaster. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Relationship Marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted RSquare sebesar 0,275. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel RelationshipMarketing dan Kepuasan Konsumen adalah sebesar 27,5% sedangkan sisanya 72,5%. Dan Relationship Marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelangganyang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,538. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 53,8% sedangkan sisanya 46,2%. dan Kepuasan Pelanggan berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelangganyang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,538. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 53,8 % sedangkan sisanya 46,2%. 
Institution Info

Universitas Brawijaya